ID
Home    SEO    Ketahui Hubungan Penting ToFu, MoFu, dan BoFu dengan Search Engine Optimization (SEO) untuk Meningkatkan Penjualan

Ketahui Hubungan Penting ToFu, MoFu, dan BoFu dengan Search Engine Optimization (SEO) untuk Meningkatkan Penjualan

13 Aug 2023 13:22 WIB
Margo Creator May Ansar
May Ansar

Dua hal yang tidak terpisahkan adalah proses pemasaran dan search engine optimization (SEO). Dalam proses itu ada yang disebut istilah ToFu, MoFu, dan BoFu yang disebut sebagai proses perjalanan calon konsumen.

Dalam proses panjang itu didampingi dan disokong oleh SEO. Kinerjanya sangat menentukan hasil akhir dari proses. Apa saja sih yang hal penting yang dicakup search engine dalam proses ini?

Apa itu

Istilah ToFu adalah

ToFu adalah singkatan dari top of funnel yang berarti langkah awal dalam proses marketing. Top yang berarti atas dalam bahasa Indonesia, hal tersebut merepresentasikan fungsi ToFu ini sebagai hal pertama yang dilakukan dalam penjualan.

Yang artinya, melakukan prospek pada calon pembeli dengan meningkatkan kesadaran mereka terhadap produk yang ingin dijajakan. Pada gambar corong, bagian ToFu yang paling besar, karena tahapannya yang masih memperkenalkan saja, belum sampai ke tahap pembelian.

Jadi, jangkauannya masih sangat luas tapi belum tentu yang dijangkau tersebut tertarik untuk menjadi pelanggan tetap atau sekedar membeli produk. Konsentrasi nya hanya pada perkenalan saja.

Tipe konten yang dilayangkan untuk menyukseskan ToFu ini adalah postingan blog atau website, postingan pada media sosial, iklan online yang bisa berupa poster atau video, dan bahkan dalam bentuk e-book.

Pada tahap ini memang harus dilakukan secara maksimal dengan mengoptimalkan search engine. Tujuannya agar jangkauan lebih banyak, dan informasi yang didapatkan oleh viewers mengenai bisnis kamu lebih detail juga.

Apa itu MoFu?

Istilah MoFu adalah

Lanjutan dari ToFu adalah istilah MoFu yang artinya middle of funnel, jika dibahasa Indonesia kan artinya bagian tengah pada corong. Posisinya memang berada antara ToFu dan BoFu, dan pada tahap ini tentunya output dari top of funnel tadi.

MoFu adalah tahap dimana dimana pelanggan tertarik dengan bisnis kamu, tidak semua orang yang melihat iklan kamu tadi di sosial media masuk ke corong ini. Itulah mengapa gambarnya lebih kecil dari ToFu tadi.

Nah, mereka dapat diartikan sampai ke tahap kedua ini setelah melakukan beberapa tindakan seperti mensubscribe email, memfollow akun sosial media, dan memberikan tindakan-tindakan yang merujuk pada pembelian barang atau layanan.

MoFu dikaitkan dengan ketertarikan dan membuat keputusan, tahap ini belum tahap akhir dari proses pembelajaan. Karena calon pembeli akan membuat keputusan dulu dengan melakukan perbandingan produk yang satu dengan yang lain.

Itulah kenapa penting diperhatikan USP (Unique Selling Proposition) saat ingin membuka bisnis, karena konsumen pasti akan berada di tahap ini sebelum membeli. Produk mana yang paling unik dan memberikan mereka manfaat adalah produk yang mereka akan beli.

Apa itu BoFu?

Istilah BoFu adalah

Akhirnya sampai juga ke BoFu, bottom of funnel adalah tahapan akhir yang berarti pengunjung tadi yang berhasil membuat keputusan akhirnya melakukan tindakan. Mereka melakukan tindakan berupa pembelian produk atau layanan dari bisnis mu.

Jika berhasil sampai ke tahap ini artinya mereka berpotensi menjadi pelanggan tetap, karena mereka telah melewati proses panjang hingga sampai ke akhir corong. Yang artinya mereka telah menggantungkan kepercayaan mereka pada produk kamu.

Nah, dalam tahap ini jangan membuat mereka pindah ke lain hati. Pikat perhatian mereka dengan selalu memberikan perhatian juga, selalu bangun kedekatan melalui komunikasi online agar hubungan kalian terjaga.

Mengapa Penggunaan SEO Penting dalam ToFu, MoFu, dan BoFu?

SEO penting dalam ToFu, MoFu, dan BoFu

Tujuan akhir dari ketiga istilah ToFu, MoFu, dan BoFu sudah jelas untuk memaksimalkan dan meningkatkan penjualan. Namun, saat proses tidak melibatkan SEO, maka bisa dikatakan bahwa strategi kamu tidak berhasil secara penuh.

Pada ToFu, SEO dibutuhkan untuk dalam pembuatan konten dengan meletakkan beberapa CTA yang bisa membuat pelanggan melakukan tindakan pertamanya. Jika optimasi berhasil maka jangkauan lebih banyak juga, karena pengguna media sosial pertama-tama akan mencari dulu.

Jika kata kunci yang kamu gunakan sesuai dengan yang mereka butuhkan, maka mereka akan diarahkan untuk menelusuri dan melakukan eksplorasi konten kamu terlebih dahulu. Disini adalah tahap yang tepat untuk memikat.

Kemudian berpindah pada bagian tengah dan bagian akhir, mereka akan melihat solusi yang kamu tawarkan untuk membentuk pikiran mereka hingga melakukan pembelian. Nah itu adalah bentuk dari kesuksesan optimasi dari prospek studi kasus, postingan blog, video dll.

Hingga ke penghujung corong pun SEO masih mendampingi, konten yang membuat mereka tidak berpaling berupa tutorial dan panduan produk, fitur pelanggan, feedback, dan bahan perbandingan.

Kesimpulan

Nah, SEO memang selalu berkaitan dengan marketing. Setelah mengetahui istilah ToFu MoFu BoFu, maka terlihat sangat jelas pengaruhnya dalam proses pemasaran. SEO juga penting dalam membuat proses marketing secara terarah dan mempertahankan kesetiaan konsumen.

Tags: SEO Marketing ToFu MoFu BoFu
Other Stories