ID
Home    SEO    Jadi Tren SEO 2023: Apa Itu Voice Search Optimization?

Jadi Tren SEO 2023: Apa Itu Voice Search Optimization?

19 Jun 2023 08:49 WIB
Voice Search Optimization
Margo Creator Sefya Dian
Sefya Dian

Salah satu tren search engine optimization (SEO) 2023 adalah voice search optimization yang muncul sebagai respon kemajuan teknologi di era digital.

Voice search optimization mengacu pada pengoptimalan website ataupun konten agar sesuai dengan penelusuran pengguna melalui asisten suara seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant.

Dengan kemudahan sistem saat ini, penggunaan asisten suara semakin meningkat yang berdampak pada bagaimana orang mencari informasi online. Oleh sebab itu, sebagai business owner, website optimizer, atau digital marketer, penting untuk tetap memahami dan menerapkan tren voice search optimization.

Lantas, Apa Itu Voice Search Optimization?

Voice Assistant

Voice search atau penelusuran suara adalah fitur search engine yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan pencarian melalui suara. 

Sedangkan voice search optimization adalah salah satu strategi SEO (search engine optimization) dengan mengoptimasi penelusuran suara untuk memenuhi permintaan pencarian pengguna melalui asisten suara. 

Dengan voice search, pengguna dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan arahan kepada asisten suara, yang kemudian menghasilkan jawaban atau informasi yang dibutuhkan.

Cara Kerja Voice Search

Cara Kerja Voice Search

Dibandingkan dengan penelusuran teks atau manual, perilaku pengguna akan berbeda ketika menggunakan voice search. Perbedaan utamanya terletak pada cara pengguna menyampaikan pertanyaan atau permintaan. 

Pencarian teks umumnya melibatkan pengetikan kata kunci (keyword) atau frase tertentu ke dalam search engine. Sedangkan dalam voice search, pengguna secara lisan mengucapkan pertanyaan atau perintah mereka kepada asisten suara.

Dalam pencarian teks atau manual, pengguna cenderung menggunakan kata kunci singkat atau frasa yang lebih kaku, sementara dalam pencarian suara, mereka cenderung menggunakan kalimat lengkap dengan gaya percakapan sehari-hari. 

Misalnya, dalam pencarian manual, pengguna mungkin akan mengetik "rekomendasi warung nasi padang di Jakarta",  sementara dalam pencarian suara, mereka mungkin akan menelusuri, "Oke Google, tolong carikan warung nasi padang terenak di Jakarta”. 


Oleh sebab itu, dalam voice search optimization penggunaan jenis keyword cenderung lebih panjang dan spesifik (long tail keyword) serta bahasa yang lebih konversasional. Ketika menggunakan voice search, pengguna akan mengira mereka sedang berbicara dengan orang lain. Oleh sebab itu, conversational keyword bisa menjadi salah satu strategi untuk mengoptimasi penelusuran suara. 

Selain itu, voice search juga lebih menekankan pada pencarian informasi berdasarkan lokasi geografis pengguna seperti mencari toko atau restoran di sekitar mereka. 

Keuntungan Voice Search Optimization

Keuntungan Voice Search Optimization

Keuntungan voice search optimization yaitu dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan website atau konten Anda dalam hasil pencarian suara. Berikut adalah beberapa keuntungan utama yang bisa diperoleh:

1. Mudah Diakses

Pengguna asisten suara cenderung mencari informasi tanpa perlu mengetik atau melihat layar perangkat. Dengan voice search optimization, Anda bisa memastikan para pengguna mendapatkan pengalaman yang mudah, cepat, dan praktis dari website bisnis. 

2. Peningkatan User Experience 

Dengan voice search optimization, Anda dapat membuat pengalaman pengguna lebih personal dan relevan. Dengan mengetahui gaya bahasa pengguna dan preferensi pencarian suara mereka, Anda dapat menyesuaikan konten untuk memberikan jawaban yang lebih akurat dan memuaskan.

3. Potensi Peningkatan Traffic Website

Seseorang menggunakan asisten suara cenderung lebih tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mempertimbangkan saran yang diberikan oleh asisten suara. Hal ini memberikan kesempatan Anda untuk dapat meningkatkan traffic organik ke situs web bisnis Anda. 


Kesimpulan

Voice search optimization menjadi salah satu tren utama SEO di tahun 2023 sebagai respons terhadap kemajuan teknologi. Penggunaan asisten suara semakin meningkat, tentu hal ini mengubah cara orang mencari informasi online. 

Bagi pemilik bisnis, pengoptimalan voice search menjadi penting. Pencarian suara memungkinkan dapat meningkatkan jangkauan website bisnis, visibilitas, traffic organik, hingga kenyamanan pengguna (user experience)

Tags: SEO Voice Search Optimization Siri Google Alexa
Other Stories