ID
Home    Business    Pentingnya Brand Positioning di Tengah Maraknya Kompetitor

Pentingnya Brand Positioning di Tengah Maraknya Kompetitor

14 Jun 2023 13:38 WIB
Branding Business
Margo Creator Sefya Dian
Sefya Dian

Bayangkan Anda berada di lautan penuh dengan ikan-ikan berenang. Anda pasti ingin menangkap ikan yang sesuai dengan selera, bukan?

Oleh sebab itu, brand positioning menjadi penting. Ketika pasar dipenuhi dengan kompetitor yang berusaha menarik perhatian pelanggan, Anda butuh cara untuk berbeda. Brand positioning adalah kunci untuk menemukan tempat Anda di antara ikan-ikan lainnya. Dengan menentukan ciri khas dan kesan yang diinginkan, Anda dapat membuat pelanggan tertarik terhadap produk atau brand yang ditawarkan.

Dengan positioning yang tepat, Anda bisa menjadi ikan favorit pelanggan. Mereka akan dengan mudah mengenali brand Anda bahkan memutuskan untuk tetap loyal dari berbagai banyak pilihan yang ada di pasar.

Intinya, penting bagi Anda untuk menemukan cara yang tepat agar terlihat khas, unik, berbeda, dan menonjol.

Lantas, Apa Sebenarnya Arti Brand Positioning?

Hal yang Membuat Brand Berbeda dan Unik

Mengutip definisi dari Philip Kotler, brand positioning adalah serangkaian tindakan untuk merancang penawaran serta citra perusahaan dengan tujuan menduduki posisi berbeda di benak target pasar. 

Di tengah maraknya kompetitor, brand positioning akan mendeskripsikan bagaimana Anda dikenal dan dipersepsikan dengan cara tertentu oleh target pasar. Ini melibatkan penentuan nilai unggul yang membedakan produk atau brand Anda dari yang lain.

Brand positioning dapat diibaratkan sebagai kail dan umpan Anda dalam mencari ikan yang paling cocok. Anda ingin menarik perhatian dengan cara yang tepat serta membangun hubungan yang kuat dengan target pasar. 

4 Alasan Mengapa Brand Positioning Penting Bagi Bisnis

Brand Positioning Penting Bagi Bisnis

Brand positioning memainkan peran kunci dalam kesuksesan bisnis. Setidaknya terdapat 4 alasan mengapa brand positioning penting yaitu:

1. Diferensiasi dari kompetitor

Dalam industri bisnis yang semakin kompetitif, brand positioning membantu Anda agar terlihat berbeda dari para kompetitor. Dengan memiliki posisi unik dan jelas di benak target pasar, bisnis Anda dapat menonjol dan menarik perhatian. Diferensiasi yang tepat akan membuat bisnis Anda menjadi lebih unggul dalam persaingan. 

2. Membentuk Brand Image

Brand positioning membantu dalam membangun citra yang kuat dan konsisten. Melalui strategi positioning yang tepat, bisnis Anda dapat membentuk persepsi yang positif di mata target pasar khususnya terkait nilai, kualitas, dan karakteristik produk atau brand. Image yang positif tentu akan berpengaruh pada kepercayaan konsumen, loyalitas, dan keputusan pembelian konsumen. 

3. Menyasar Pangsa Pasar yang Relevan

Dengan brand positioning yang jelas, bisnis Anda dapat mengidentifikasi dan menargetkan target pasar relevan dan berpotensi menguntungkan. Brand positioning yang tepat membantu bisnis mengetahui siapa target konsumen, apa kebutuhan dan preferensi mereka, serta bagaimana memenuhi harapan mereka. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengarahkan upaya pemasaran dan komunikasi dengan lebih efektif.

4. Meningkatkan Brand Value

Brand positioning yang kuat dan efektif dapat meningkatkan brand value secara signifikan. Ketika suatu brand memiliki posisi yang unik dan diingat oleh konsumen, nilai brand meningkat. Brand yang memiliki posisi kuat dalam benak konsumen cenderung mengalami keuntungan jangka panjang dan kemampuan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi. Dengan demikian, brand positioning memberikan nilai tambah bagi bisnis dalam jangka panjang.

Cara Menyusun Strategi Brand Positioning

Strategi Brand Positioning

Masih bingung terkait bagaimana cara menyusun strategi brand positioning? Anda dapat menerapkan beberapa langkah menyusun strategi positioning berikut ini:

1. Analisis Pasar dan Kompetitor

Penting untuk Anda dapat menganalisis target pasar bisnis sekaligus kompetitor. Cari tahu tentang kelebihan, kelemahan, serta peluang yang ada di pasar saat ini. Pahami kebutuhan, preferensi konsumen, dan tren yang relevan.

2. Tentukan Nilai dan Keunggulan yang Unik

Identifikasi nilai tambah dan keunggulan yang membedakan bisnis Anda dari kompetitor. Apa yang membuat brand Anda unik? Apa kelebihan dan manfaat yang dapat Anda tawarkan kepada target konsumen yang tidak dimiliki oleh kompetitor?

3. Tentukan Posisi yang Diinginkan

Tetapkan posisi yang ingin Anda capai dalam benak konsumen. Apakah Anda ingin dilihat sebagai brand yang terjangkau, mewah, inovatif, ramah lingkungan, atau memiliki atribut lainnya? Pilih posisi yang relevan dengan nilai dan keunggulan unik brand.

4. Buat Pesan Inti Brand

Tentukan pesan inti atau nilai yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen. Pesan ini harus mencerminkan nilai dan keunggulan unik brand Anda, dan menjadi landasan komunikasi brand.

5. Komunikasikan Secara Konsisten

Pastikan pesan inti brand Anda dikomunikasikan secara konsisten di semua channel pemasaran dan komunikasi. Mulai dari elemen visual seperti logo, slogan, pesan di media sosial, dan iklan. Komunikasikan nilai dan keunggulan brand dengan jelas dan konsisten kepada konsumen.

6. Evaluasi Berkala

Lakukan evaluasi berkala terhadap strategi brand positioning Anda. Tinjau apakah posisi brand Anda masih relevan, apakah pesan brand efektif, dan apakah ada peluang perbaikan atau perubahan yang perlu dilakukan.

Brand positioning memiliki peran krusial bagi kesuksesan bisnis khususnya dalam memenangkan persaingan di tengah industri yang semakin kompetitif. Dengan memperhatikan diferensiasi dari kompetitor, pembentukan brand image yang positif, penargetan pasar yang relevan, tentu hal ini akan membedakan bisnis Anda dari para kompetitor. Brand positioning yang tepat akan membuat bisnis lebih dikenal banyak orang dan tentu akan meningkatkan nilai jual produk atau brand Anda. 

Tags: Business Branding Brand Image Positioning Brand Value Marketing
Other Stories