ID
Home    Business    Apa Itu Google AdWords? Simak Panduan Berikut Tentang Platform Google AdWords

Apa Itu Google AdWords? Simak Panduan Berikut Tentang Platform Google AdWords

20 Apr 2023 17:25 WIB
Apa Itu Google AdWords? Simak Panduan Berikut Tentang Platform Google AdWords
Margo Creator Admin Margo
Admin Margo

Apakah kamu mau menaikkan "online presence" dari bisnis atau brand kamu? Salah satu alat paling powerful abad ini yang harus kamu gunakan untuk menaikkan brand atau bisnis kamu adalah Google AdWords. Dari start-up kecil atau perusahaan raksasa, semua butuh menggunakan Google AdWords untuk menaikkan traffic website, mendapatkan leads dan meningkatkan konversi penjualan.

Perkenalan Google AdWords

Perkenalan Google AdWords

Google AdWords adalah suatu platform online advertising yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis dan brand untuk menampilkan iklan kepada para calon pelanggan. Sistem periklanan yang ditawarkan adalah sistem "Pay-per-Click" (PPC), yang artinya kamu hanya akan membayar iklan yang di klik oleh calon pelanggan kamu. AdWords adalah salah satu platform periklanan paling populer dan efektif yang ada di jaman sekarang ini, dengan jutaan bisnis menggunakan nya untuk mencapai target pelanggan mereka.

Evolusi dan Fitur Google AdWords

Evolusi dan Fitur Google AdWords

Pada saat pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2000 silam, Google AdWords hanya memiliki iklan dengan format berbasis teks sederhana yang muncul di sisi pojok atas dan sisi kanan halaman pencarian Google. Tetapi, seiring dengan bertumbuhnya pengguna AdWords yang sangat signifikan, fitur dan kapabilitas dari platform ini pun juga bertambah dengan sangat pesat. Hari ini, AdWords sendiri adalah sebuah platform iklan yang sangat kompleks dan super canggih yang dapat digunakan untuk mempromosikan segala macam bisnis kecil maupun yang besar, yang ditampilkan di berbagai format iklan dan devices.

Selain dari hanya iklan "search-based", AdWords sekarang juga menawarkan "Display Ads", "Video Ads", dan "Shopping Ads", yang akan kita bahas lebih lengkap di artikel lainnya. Dan juga memiliki opsi pilihan target yang sangat luas, termasuk seperti <i>demographics, interests, behaviors</i>, dan juga bisa menarget pengguna berdasarkan dari histori pencarian dan aktivitas website pengguna.

Google juga memberikan banyak tools dan fitur lainnya yang dapat membantu bisnis mengoptimalkan iklan AdWords mereka. Contoh nya seperti AdWords Editor, sebuah tools untuk bisnis dapat mengatur campaign mereka secara offline, dan ada juga AdWords Keyword Planner, yang membantu para bisnis untuk dapat menargetkan kata kunci yang tepat untuk campaign mereka.

Mengapa Banyak Bisnis Menggunakan Google AdWords

Mengapa Banyak Bisnis Menggunakan Google AdWords

Ada banyak sekali alasan kenapa perusahaan memilih untuk menggunakan Google AdWords. Salah satu kelebihan utama dari AdWords adalah kemampuannya untuk memberikan target yang tepat dan suatu cara yang dapat diukur dalam menarget pelanggan potensial mereka. Dengan AdWords, kamu bisa memilih kata kunci spesifik, lokasi dan sampai hingga jenis device dari target pelanggan kamu, dan juga kamu hanya akan membayar biaya iklan ketika seseorang mengklik iklan kamu. Fitur ini membuat AdWords sangat cost-effective dalam membuat iklan untuk bisnis atau brand kamu.

Kelebihan lainnya dari AdWords adalah dengan menampilkan iklan kepada calon pelanggan di momen ketika mereka mencari suatu produk atau jasa. Artinya, bisnis kamu bisa mentarget para calon pelanggan kamu yang sedang mencari produk atau jasa kamu secara aktif, sehingga kamu bisa mendapatkan conversion rate yang jauh lebih tinggi dan return on investment (ROI) yang lebih optimal.

AdWords juga akan memberikan kamu data-data yang sangat lengkap dan insight-insight yang dapat digunakan untuk memaksimalkan campaign kamu. Perusahaan dapat dengan mudah melacak dan melihat performa dari iklan yang telah mereka jalankan dan melihat data secara keseluruhan seperti keywords mana saja yang lebih efektif dan memberikan lebih banyak klik dan konversi, sehingga para bisnis bisa mengolah informasi tersebut untuk membuat strategi iklan yang lebih baik lagi.

Ditambah lagi, tidak seperti pasang iklan konvensional, Google AdWords memberikan kebebasan bagi para brand untuk memasang budget sesuai kemauan mereka dan mengkontrol pengeluaran iklan mereka. Ini artinya kamu bisa memulai iklan dengan budget kecil dan pelan-pelan menaikkan budget iklan seiring dengan ada nya peningkatan traffic. Inilah alasan AdWords menjadi pilihan solusi iklan yang sangat fleksibel dan scalable.

Interface Google AdWords

Dashboard dari Google AdWords adalah suatu interface control center untuk campaign iklan kamu. Awalnya akan terlihat susah, tetapi setelah kamu sudah terbiasa, dashboard itu cukup mudah digunakan. Beberapa menu paling penting yang perlu kamu ketahui adalah tab berikut: Campaigns, Ad Groups, dan Keywords. Setiap menu tab tersebut memiliki su-menu di dalam nya dimana kamu bisa mengatur area spesifik tertentu untuk campaign kamu. Ini semua akan sangat mempermudah kamu untuk mengawasi dan mengatur iklan-iklan kamu untuk mendapatkan hasil yang paling efektif dan maksimal.

Didalam tab "Campaigns" sendiri, kamu bisa membuat dan mengatur beberapa campaign iklan sekaligus, masing-masing dengan budget yang berbeda-beda dan opsi target yang berbeda. "Ad Groups" ini dapat membuat satu grup untuk iklan-iklan kamu untuk tema spesifik tertentu atau produk kamu. Contohnya, kamu memiliki 2 kategori produk yang berbeda yaitu: Baju dan Topi, dimana untuk masing-masing kategori ada puluhan jenis barang yang berbeda-beda juga. Kamu dapat membuat 2 Ad Groups untuk masing-masing kategori, sehingga akan lebih rapi dan mudah untuk mengatur budget & target iklan, dan juga saat melihat data laporan hasil iklan kamu. Dan untuk masing-masing iklan, kamu bisa mengatur nya di tab "Ads", dimana kamu bisa membuat dan mengubah iklan, setelah itu tab "Keywords" adalah tempat kamu bisa melihat dan mencari kata kunci yang tepat untuk menampilkan iklan kamu.

Tipe dan Format Iklan di Google AdWords

Tipe dan Format Iklan di Google AdWords

Google AdWords menyediakan beberapa variasi format iklan, masing-masing dengan keunggulan dan kekurangan nya sendiri. Berikut adalah format dan tipe iklan yang ada di Google AdWords:

  1. Iklan dengan format teks

    Ini salah satu tipe iklan yang paling umum, yang akan muncul di halaman hasil pencarian di Google, sudah tidak asing pasti nya buat kamu yang sering melihat hasil pencarian dengan tanda "Sponsored" kan? Komponen utama dari iklan format teks ini adalah: Judul Utama (headline), deskripsi dan URL link yang bisa di klik.

  2. Iklan dengan format gambar

    Format gambar ini ditampilkan lain dengan format teks, iklan tipe gambar ini tidak ditampilkan di halaman pencarian Google, tetapi akan muncul di dalam website-website yang tergabung menjadi bagian dari Google Display Network. Iklan ini dapat dibuat dalam format statis atau dengan animasi dan ditampilkan dalam beberapa ukuran dimensi.

  3. Video Ads

    Format iklan populer lainnya adalah dalam bentuk video, yang mana akan dimunculkan di Youtube atau di website-website dalam Google Display Network lainnya.

  4. Shopping Ads

    Iklan yang ditujukan untuk berbelanja ini berfokus untuk pengiklan yang memiliki tujuan utama konversi penjualan produk-produk mereka. Format unik ini akan menampilkan iklan kamu dan mempromosikan produk kamu pada halaman pencarian Google, dimana akan menampilkan gambar produk, nama, harga dan link website kamu untuk calon pelanggan bisa membeli produk kamu.

Itulah ringkasan dari platform Google AdWords yang bisa kamu manfaatkan, dan sangat berguna bagi semua kalangan bisnis dari yang skala kecil hingga dengan skala besar. Walaupun terlihat kompleks dan menantang, dengan mengikuti panduan di panduan ini, semoga bagi kamu para pemula bisa lebih mengerti dan menggunakan platform ini untuk membuat iklan-iklan yang efektif untuk mendapatkan leads, menaikkan traffic website dan meningkatkan konversi penjualan.

Tags: Business Google AdWords Search Engine Digital Advertising Ads Campaign
Other Stories