ID
Home    Marketing    Kekuatan Endorsement: Tumbler Blackpink x Starbucks Seharga 2 Juta Ludes Diburu Penggemar

Kekuatan Endorsement: Tumbler Blackpink x Starbucks Seharga 2 Juta Ludes Diburu Penggemar

31 Jul 2023 10:21 WIB
Margo Creator May Ansar
May Ansar

Berbincang tentang idol K-Pop tidak akan ada habisnya, baru-baru ini Idol K-pop jebolan YG entertainment kembali mengejutkan penggemar international dengan merilis kolaborasi epik dengan Starbucks. Kolaborasi itu bertajuk "Turn up Your Summer" dengan menghadirkan tumbler Blackpink X Starbucks sebagai produk untuk menghibur penggemar.

Disela-sela jadwal world tour Blackpink yang padat, mereka juga menyempatkan merilis video yang menunjukkan pilihan tumbler dari masing-masing personil. Harga yang dibandrol untuk jenis botol minuman pun tak tanggung-tanggung membuat mata terbelalak, kisaran harga mulai dari 400 an hingga 2 juta rupiah.

Namun, untuk harga selangit seperti itu tidak mengurangi niat para Blink untuk memburunya. Bahkan tumbler yang dipilih Lisa mencapai harga 2 juta dan ludes dalam kurun waktu 5 menit saja. Sebenarnya apa saja sih yang membuat produk ini laku keras padahal harga sangat menguras isi kantong?

Endorsements: Pengertian dan Tujuan

Pengertian endorsement

Endorsement adalah sebuah kontrak yang mengikat dua pihak untuk saling mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan oleh pihak yang satu kepada khalayak ramai melalui media sosial, iklan, ataupun website. Kontrak itu berlangsung dengan waktu yang telah ditentukan yang artinya kedua belah pihak memiliki kewajiban untuk saling mendukung dalam promosi.

Ada beberapa jenis dan tujuan endorsement, yakni endorsement produk, endorsement jasa, endorsement event, dan endorsement personal. Hal umum yang biasa kita lihat mungkin produk saja tapi sebenarnya hal-hal lain pun bisa dilibatkan dalam endorsement, bahkan kampanye sekalipun bisa.

Jika melihat kejadian antara Starbucks dan Blackpink, dapat ditarik kesimpulan jelas tentang endorsement yang berarti sebuah kerjasama dalam mempromosikan sesuatu. Yang kemudian membuat kedua belah pihak akan saling menguntungkan dan mendapatkan bagiannya masing-masing. 

Kekuatan Endorsement pada Bisnis

Kekuatan endorsement pada bisnis

Kekuatan endorsement pada bisnis tentunya memberikan dampak yang sangat baik, adapun imbas yang didapat jika mempertimbangkan untuk melakukan endorsement adalah meningkatnya penjualan produk. Nah, kegiatan endorsement ini memang harus menggunakan partner yang tepat agar tidak boncos.

Dampak lainnya adalah pelanggan. Jika kamu menggunakan selebriti atau influencer dengan engagement yang bagus, maka dapat dikatakan bahwa kamu juga telah membuat penggemar mereka menjadi penggemar produk mu. Jadi tidak heran jika perusahaan rela merogoh kocek lebih dalam untuk bisa bekerja sama dengan selebriti terkenal.

Kemudian, citra perusahaan akan meningkat drastis juga setelah berhasil melakukan endorsement dengan tokoh ternama. Publik akan membuka mata dan mengakui kehebatan bisnis mu karena berhasil menggunakan tokoh tersebut sebagai partner bisnis. Nah, Starbucks yang sudah terkenal sejak lama kembali dua kali lebih populer karena fans Blackpink.

Impact Blackpink pada Starbucks

Impact Blackpink pada Starbucks

Tidak terelakkan lagi seberapa berpengaruhnya Blackpink X Starbucks. Tumbler yang membuat kita berpikir 2 kali untuk membelinya ternyata bisa ludes dalam beberapa menit saja. Hal itu bisa terjadi karena kekuatan endorsement dan personal branding Blackpink yang sudah melekat di hati para penggemar seluruh dunia.

Hal lain yang menguntungkan Starbucks adalah jumlah pengikut akun resmi Blackpink telah mencapai 56,6 juta, bahkan akun masing-masing anggota lebih banyak lagi. Nah kekuatan engagement inilah yang membuat kolaborasi ini sangat berhasil. Jutaan Blink seluruh dunia tentunya akan menjadi Blink yang langsung doyan Starbucks juga.

Adapun dampak baik yang dirasakan oleh Starbucks adalah produk baru yang dirilis menjadi laku dan populer juga. Menu minuman Strawberry Choco Cream Frappuccino sebagai penanda kolaborasi mereka juga mendadak dikenal customer. Hal itu mengurangi sedikit pekerjaan tim promosi untuk mengenalkan menu baru.

kemudian, Starbucks juga memiliki kampanye peduli lingkungan dengan selalu menyuruh customernya membawa botol sendiri dari rumah. Hal tersebut semakin mudah sampai ke hati masyarakat berkat kekuatan endorsement yang akhirnya membuat tumbler mereka laku keras, dengan begitu kampanye untuk mengurangi sampah plastik pun berhasil.

Kesimpulan

Hasil dari endorsement yang terjadi antara oleh Blackpink X Starbucks menunjukkan secara jelas kekuatan dan pengaruh publik figur dalam kelancaran suatu promosi. Cara ini bisa diterapkan pada bisnis apapun, namun budget dan tokoh yang ingin diajak harus diperhitungkan dengan matang. 

Tags: Marketing Endorsement Blackpink Starbucks Promotion
Other Stories