ID
Home    Business    Contoh Kalimat Call to Action yang Cocok untuk Semua Bisnis, Calon Customer Auto Klik

Contoh Kalimat Call to Action yang Cocok untuk Semua Bisnis, Calon Customer Auto Klik

29 Jul 2023 16:34 WIB
Margo Creator May Ansar
May Ansar

Jika kamu seorang pemilik bisnis yang masih berjuang untuk meningkatkan penjualan, tentu hal itu memberikan tekanan dalam memikirkan cara membuat produk laku. Oleh karena itu, tak jarang para pebisnis di luar sana mempekerjakan seorang content writer atau sosial media spesialis untuk meningkatkan hubungan dekat dengan customer nya.

Berbagai metode dan taktik pun dilakukan agar bisa mewujudkan tujuan dari pemasaran online tersebut. Adapun cara yang dilakukan oleh seorang digital marketer adalah menambahkan kalimat call to action (CTA) yang benar-benar menarik perhatian pembaca dan calon pembeli.

Kalimat ajakan ini seringkali dianggap lebay karena kalimatnya yang terdengar dibuat-buat, namun call to action sebenarnya untuk mempermudah calon pembeli untuk menemukan rujukan tautan atau akses untuk bergabung sebagai anggota. Lalu, apa saja pengertian yang sebenarnya dan kenapa CTA penting?

Pengertian Call to Action (CTA)

Call to Action adalah

Pengertian secara lengkap call to action (CTA) adalah perintah atau tindakan yang harus dilakukan oleh pengguna setelah membaca atau melihat suatu konten. Tujuan dari CTA adalah untuk membuat pengguna melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengunduh aplikasi, atau mendaftar untuk mengikuti program.

Kalimat-kalimat yang digunakan dalam penulisan CTA juga hanya sedikit saja, umumnya terdiri dari 2 sampai 3 kata. Call to Action secara ideal diletakan pada akhir agar pembaca atau calon customer yang telah membaca informasi detail tentang jasa atau produk akan langsung melakukan tindakan.

Jenis-jenis Call to Action

Jenis-jenis Call to Action

Tujuan semua jenis CTA memang sama, namun terdapat jenis-jenis Call to Action yang pas digunakan untuk bisnis tertentu. Nah, berikut ini adalah jenis call to action serta definisinya: 

1. Lead Generation

Jenis call to action ini untuk menarik hati orang atau kelompok agar mau membeli jasa atau produk mu. Oleh karena itu CTA ini di tempatkan di posisi yang mudah dilihat oleh pengunjung website agar mereka bisa langsung mendaftar dan bergabung jadi member.

2. Event Promotion

Seperti namanya, CTA event promotion digunakan untuk mendorong pembaca atau audiens untuk melakukan aktivitas pembelian tiket atau merchandise. Posisi CTA ini bisa di halaman log-in, dashboard, atau di sidebar website.

3. Social Sharing

Sosial sharing ini seringkali kita lakukan namun tidak sadar, CTA tersebut dilakukan ketika membagikan suatu konten di media sosial seperti TikTok atau Instagram kepada teman atau ke aplikasi medsos lainnya. 

4.Tombol Baca Selengkapnya

Tombol ini selalu didapatkan saat sedang membaca artikel. Biasanya berada paling bawah dengan tulisan baca selengkapnya, selanjutnya, atau kadang hanya nomor saja. CTA ini disertakan link yang mengarah ke halaman atau lanjutan bacaan. 

5. Pengisian Formulir

CTA untuk pengisian formulir biasanya bertuliskan "Sign up" dan "Submit". Tombol tersebut akan mengarahkan ke landing page untuk mengisi formulir dan memasukkan data diri (email, nomor telepon, dan lain sebagainya).

Pentingnya Menggunakan CTA

Fungsi Call to Action

Meski hanya kalimat pendek saja, tapi CTA memiliki dampak besar terhadap keberlangsungan suatu bisnis. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan adalah dapat meningkatkan konversi, yang artinya memberikan audiens kemudahan untuk mengerti informasi dan tombol untuk langsung bergabung atau memberikan reaksi.

Kemudian, untuk prospek penjualan sendiri, CTA dapat dikombinasikan dengan informasi promo untuk menggaet hati calon pembeli. Pebisnis online lazimnya menggunakan bantuan sosial media seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads.

Dan yang paling mempermudah pebisnis online dengan adanya CTA adalah memiliki data konsumen. Hal itu bisa didapat jika pada website diletakkan CTA yang berupa tombol ajakan untuk subscribe, bergabung jadi member, dan memberikan komentar. Dengan begitu customer akan selalu mendapatkan juga update an terbaru dari website atau blog mu.

Terakhir adalah evaluasi, CTA juga bisa digunakan untuk menganalisis kekurangan dan mungkin saja kesalahan yang terjadi saat promosi. Semakin cepat menemukan kejanggalan maka semakin cepat juga untuk memperbaiki agar kamu bisa mengatur ulang strategi pemasaran kamu.

Rekomendasi Kalimat CTA

Rekomendasi Kalimat Call to Action

Rekomendasi kalimat CTA ini bisa kamu jadikan pedoman dan referensi untuk website bisnis kamu. Nah, beberapa perusahaan menggunakan kata yang sangat komunikatif dan tidak memaksa seperti Glossier yang hanya menggunakan kalimat "I'm in" yang berarti "Aku ikut"

Bisa juga menggunakan kalimat yang sedikit panjang seperti CTA dari aplikasi Hulu "Get The Disney Bundle", Dropbox "Sign up for Free", Netflix "Join Free for a Month", Aquaspresso "Send Me Specials Now!", Humboldt County "Follow the Magic". Selain dari CTA ini masih banyak yang lain juga seperti Subscribe, Join now, See More dan lain-lainnya.

Kesimpulan

Contoh kalimat call to action yang disarankan di atas bisa banget kamu coba untuk membuat tombol atau kalimat CTA di website mu lebih menarik untuk klik. Kamu juga bisa menggunakan plesetan kata dari nama bisnis agar audiens semakin tertarik dan penasaran untuk mengklik. Selamat mencoba! 

Tags: Business SEO Call To Action CTA Marketing
Other Stories