ID
Home    Social Media    Benarkah Customer Service di Media Sosial Tren Pekerjaan untuk Kaum Introvert ?

Benarkah Customer Service di Media Sosial Tren Pekerjaan untuk Kaum Introvert ?

02 Jul 2023 16:48 WIB
Customer service di media sosial
Margo Creator May Ansar
May Ansar

Belakangan ini kita sering melihat tren para pegawai yang resign dari tempat kerjanya. Alasannya beragam seperti tekanan dari atasan, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, dan tidak bisa menerapkan work life balance.

Adapun yang mengaitkan dengan kepribadian seseorang dengan pekerjaan yang digandrungi. Namun, dampak dari pandemic COVID-19 yang kebanyakan menyelesaikan pekerjaan dari rumah dianggap membawa kebiasaan baru.

Kebiasaan baru itu dianggap lebih efektif waktu dan energi. Yang menjadi tren pekerjaan hingga tahun 2023 adalah customer service di media sosial. Lalu, benarkah pekerjaan ini cocok untuk kamu introvert?

Apa itu Customer Service di Media Sosial?

Tren pekerjaan di media sosial

Secara keseluruhan, customer service adalah pekerjaan yang menerima setiap keluh kesah dari customer. Customer service selalu dibutuhkan oleh perusahaan karena fungsinya yang benar-benar membantu mengembangkan bisnis.

Pekerjaan ini pun semakin berkembang seiring dengan canggihnya teknologi dan kreativitas manusia. Kini, ada yang namanya customer service di media sosial atau yang sering disingkat dengan sosial CS. 

Pekerjaan ini digemari oleh banyak kalangan karena tidak mengharuskan kamu datang ke kantor dan bertemu banyak orang. Namun, tentunya harus tetap memiliki skill komunikasi dan problem solving yang mumpuni.

Jadilah customer service yang bijak dengan memanfaatkan media sosial. Karena, rata-rata pelanggan suka jika masalah mereka cepat selesai, dan  media sosial adalah tempat mereka mencari jawaban dari masalah yang sedang dihadapi.

Tips Melakukan Customer Service di Sosial Media

Cara melakukan customer service di sosial media

Meski terdengar gampang, tapi melakukan customer service di sosial media perlu beberapa tips dan taktik juga. Ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan di media sosial : 

1. Memiliki Akun Sosial Media

Ini adalah langkah awal dalam memulai memberikan layanan melalui media sosial. Platform yang disarankan untuk digunakan sebaiknya yang telah memiliki engagement yang cukup bagus.

Sebaiknya letakkan juga tautan untuk layanan keluh kesah di profil utama agar bisa ditemukan dengan mudah oleh customer. 

2. Interaksi dengan Pelanggan

Interaksi mungkin bukan sebuah kabar baik untuk kamu yang memiliki kepribadian pemalu. Itulah yang disebut resiko pekerjaan, tapi jika kamu menggunakan perantara maka hal tersebut tidak sepenuhnya menakutkan. 

Sebagai customer service di media sosial bukan hanya memberikan layanan keluh kesah, tapi kamu juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan umpan balik pada customer dengan melakukan komunikasi secara kasual. 

Pelanggan akan merasa dihargai keberadaannya dan semakin percaya dengan produk atau layanan yang kamu berikan. Hal ini bisa mempertahankan loyalitas pelanggan.

3. Memberikan Tindakan yang Aktif

Kamu pasti sering mendengar kalimat frequently asked questions atau sering disingkat dengan FAQ. Itu adalah cara untuk memudahkan kedua belah pihak, pelanggan dan customer service.

Tidak jarang pelanggan menanyakan pertanyaan yang sama, oleh karena itu kamu sebaiknya menyediakan jawaban yang paling sesuai dengan pertanyaan sejenis itu. Pelanggan bisa menemukan jawabannya secara mandiri, dan kamu tidak perlu mengulang untuk memberikan jawaban lagi. 

Tips ini juga mampu mewujudkan kepuasan pelanggan karena pelayanan yang cepat. Namun, untuk beberapa pertanyaan yang tidak bisa dijawab secara otomatis, alangkah baiknya memberitahukan waktu yang available untuk memberikan layanan.

4. Berkomunikasi Sekaligus Memberikan Penawaran 

Customer service memang identik dengan komunikasi dan rasa sabar. Pasalnya, selain menyelesaikan masalah, customer service di media sosial juga diharapkan mampu mempengaruhi keputusan pelanggan.

Cara yang dilakukan adalah soft selling dengan menawarkan potongan harga atau bonus-bonus agar pelanggan tertarik. Untuk beberapa pelanggan juga biasanya telah mengerti dan menanyakan perihal bonus atau diskon secara langsung kepada customer service.

Kesimpulan

Customer service di media sosial sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu untuk kamu yang menganggap diri sebagai seorang pemalu atau pun sebagai extrovert.

Pekerjaan ini tidak membatasi kepribadian seseorang, justru membuka peluang kepada kamu yang ingin memiliki kebebasan bekerja dimana saja. Ikuti tips yang diberikan untuk bisa memberikan layanan pelanggan yang memuaskan!

Tags: Social Media Resign Work Customer Service Job
Other Stories