ID
Home    Branding    Unique Selling Proposition: Sebuah Trik Memperkuat Branding

Unique Selling Proposition: Sebuah Trik Memperkuat Branding

01 Jul 2023 11:20 WIB
Unique selling Proposition
Margo Creator May Ansar
May Ansar

Memiliki brand yang terkenal di masyarakat adalah sebuah keberhasilan dari bisnis. Manfaat yang didapatkan akan banyak saat brand kamu sudah menjadi pilihan utama oleh para konsumen.

Pelaku bisnis biasanya melakukan banyak survei dan riset sebelum meluncurkan produk agar laku dan dicintai konsumen. Trik tersebut dinamai unique selling proposition.

Sudah kah kamu menentukannya juga? Kalau belum, sepertinya kamu harus melanjutkan membaca agar mengerti dan tau bagaimana cara efektif untuk menentukan keunikan produk kamu.

Pengertian Unique Selling Proposition

Pengertian unique selling proposition

Unique selling proposition (USP) ialah sebuah alasan mengapa calon pembeli membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan dibandingkan produk atau layanan yang lain. USP biasanya menunjukkan keunikan dan manfaat yang hanya bisa didapatkan dari produk mu saja.

Dengan kata lain, USP dianggap sebagai pembeda, unik, dan lebih baik daripada produk dari bisnis lainnya. Para pebisnis pasti akan mempertimbangkan hal ini sebelum meluncurkan produk karena hal tersebut akan memperkuat branding.

Cara Menentukan USP

Cara menentukan unique selling proposition

Terdapat tiga kunci utama dalam menentukan USP, ke-tiga cara ini harus diperhatikan agar bisa menentukan keunikan dari brand kamu. Ikuti langkah-langkah ini agar berhasil menemukan keunikan bisnis kamu:


1. Anggap Diri Kamu sebagai Seorang Konsumen

Sama halnya saat sedang memberikan informasi kepada orang lain, menentukan USP juga harus mempertimbangkan perasaan orang lain. Kamu harus memperhatikan situasi dan menganggap diri kamu sebagai seorang konsumen.

Artinya, jika kamu berjualan minuman di sebuah daerah yang memiliki iklim dingin, dan menu yang kamu jual ingin disamakan dengan mereka yang berjual minuman di pinggir pantai, sudah pasti minuman mu tidak akan laku.

Jika kamu hidup di daerah dingin tersebut tidak mungkin juga kamu mau membeli minuman yang dingin, bukan? Nah, itulah maksud dari menganggap diri sebagai seorang konsumen. Metode ini untuk menentukan apa saja manfaat dari produk kamu yang bisa dirasakan konsumen 

Tanyakan pada diri kamu saat menentukan USP melalui cara ini “akan kah saya kembali lagi ketempat ini?” Dan “apakah yang saya cari ada di tempat ini?” 

2. Bandingkan dengan Produk Kompetitor

Cara kerja metode ini tentunya membandingkan kelebihan dan kekurangan produk kamu dengan produk yang sama yang dijual di luar sana. Kita kembali mengambil contoh produk minuman, di pasaran pasti sudah berjamur kedai minuman tapi masih terlihat ramai.

Alasannya, karena mereka mereka berhasil menemukan unique selling proposition. Nah, saat kamu juga ingin berjualan minuman coba liat kelebihan produk kamu dari produk pesaing. Perhatikan juga kekurangannya masing-masing untuk melihat potensi yang bisa kamu jadikan keunggulan.

3. Pelajari Motivasi konsumen saat membeli produk

Motivasi setiap konsumen berbeda-beda, misalnya pelanggan ini memilih membeli minuman di kedai kamu untuk melepas dahaga, ada yang sekedar nongkrong, dan ada yang sekedar menghibur diri dari kebosanan.

Sudut pandang lain juga bisa dipertimbangkan seperti kelompok usia dan jenis kelamin. Usia remaja dan usia orang dewasa pasti memiliki tujuan yang berbeda saat ingin menikmati secangkir kopi. Nah, inilah cara kamu menentukan unique selling proposition.

Buat sesuatu yang unik dan menjadi daya tarik bagi setiap kalangan, jadikan perbedaan motivasi konsumen sebagai cara menentukan target yang diinginkan. 

Tujuan USP untuk Mengembangkan Bisnis

Manfaat unique selling proposition untuk bisnis

Tujuan dari USP tentunya akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis yang sedang dikembangkan. Unique selling proposition adalah bagian dari membangun brand awareness. Lalu, seperti apa tujuan dari USP? Berikut ini adalah tujuannya: 

1. Memperkuat Branding

Saat produk atau bisnis kamu memiliki keunikan sendiri yang sesuai dengan kebutuhan konsumen maka mereka tidak akan berpaling. Jika kamu tidak terlalu memprioritaskan jumlah pendapatan di awal karir tapi fokus dalam menentukan keunikan produk, maka kamu bisa menguatkan branding.

2. Mempermudah Proses Promosi

Saat branding suatu produk sudah terkenal dimana mana tidak perlu lagi mengeluarkan usaha yang besar. Bahkan kamu tidak akan mengeluarkan banyak biaya lagi hanya untuk kegiatan promosi. Apalagi saat kamu konsisten dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

3. Mempertahankan Identitas Bisnis 

Identitas bisnis sangat penting untuk mempertahankan eksistensi di tengah ramainya bisnis baru. Bisnis yang baru biasanya lebih kreatif saat promosi, tapi kalau identitas bisnis kamu sudah melekat maka konsumen enggan berpaling.

Kesimpulan

Unique selling proposition adalah cara terbaik untuk meningkatkan dan mempertahankan brand awareness. Ini adalah metode kreatif untuk menarik perhatian pelanggan dengan memposisikan diri sebagai seorang konsumen. Banyak sekali manfaat baik pada bisnis yang bisa didapatkan jika berhasil menentukan USP yang tepat.

Tags: Branding Marketing Bisnis
Other Stories