ID
Home    Technology    4 Rekomendasi Aplikasi Chatbot untuk Mempermudah Customer Service

4 Rekomendasi Aplikasi Chatbot untuk Mempermudah Customer Service

05 Oct 2023 09:24 WIB
Margo Creator Sefya Dian
Sefya Dian

Ada kalanya di saat penjualan meningkat, para customer service mengeluh soal permintaan ataupun pertanyaan pelanggan yang tiba-tiba membludak. Tentu kecepatan respon akan menentukan pengalaman pelanggan khususnya terkait keputusan pembelian.

Oleh sebab itu, customer service dituntut untuk responsif, cepat, dan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Namun, terkadang ketika harus mengulangi informasi yang sama dari pelanggan satu ke pelanggan lainnya akan memakan banyak waktu dan sesekali membuat para customer service merasa frustasi.

Tapi tenang, dengan adanya kecanggihan teknologi berbasis AI, para pemilik bisnis ataupun customer service tidak perlu merasa gundah. Chatbot memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menyediakan respons instan dan penanganan permintaan pelanggan yang lebih cepat. Tidak hanya itu, mereka mampu belajar dari setiap interaksi serta menghasilkan pengalaman pelanggan yang semakin personal.

Berikut adalah 4 rekomendasi aplikasi chatbot yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan customer service:

1. MobileMonkey

MobileMonkey

MobileMonkey memungkinkan pembuatan bot menggunakan teknologi OmniChat™ mereka. Bot ini dapat beroperasi dalam obrolan web, Messenger di Facebook maupun Instagram, dan pesan teks SMS.

Dengan MobileMonkey, kamu dapat menghemat waktu dan biaya dalam pembuatan bot, tidak perlu menggunakan alat yang berbeda. Kamu dapat membuat satu bot dan menggunakannya di berbagai platform. Beberapa fitur unggulan dari MobileMokey diantaranya seperti live chat, analytics, sequencing, lead gathering, customization interface, sales conversation, dan lain sebagainya. 

Sebenarnya, MobileMonkey didesain sedemikian rupa untuk perusahaan B2C khususnya untuk agenda penjualan, customer support, marketing, dan kegiatan bisnis lainnya. Jika kamu memiliki bisnis mikro ataupun agensi digital, aplikasi chatbot ini bisa jadi pilihan yang tepat. 

2. Mekari Qontak

Mekari Qontak

Aplikasi yang tidak kalah menarik adalah Mekari Qontak. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), Mekari Qontak memberikan kemudahan untuk mendesain, mengedit, serta mempersonalisasikan chatbot sesuai kebutuhan bisnis serta merespon pelanggan layaknya seorang manusia. 

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa membantu para customer service diantaranya seperti CRM integration untuk memudahkan akses data pelanggan, whatsapp omnichannel agar terintegrasi dengan media sosial, e-commerce, maupun call center, KPI tracking untuk melacak performa bisnis, dan masih banyak lagi. 

Mekari Qontak mengklaim dirinya sebagai layanan yang mampu mendampingi pelanggan sepanjang waktu 24/7 sehingga tim pada bisnis bisa fokus untuk kegiatan lain tanpa harus merasa kerepotan. 

3. ManyChat

ManyChat

ManyChat menjadi salah satu chatbot yang mudah untuk Facebook messenger. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas hingga pilihan penargetan ulang yang lebih kuat di Facebook. 

ManyChat tidak hanya akan membantu penyebaran pesan untuk kemudahan customer service, namun juga mendorong penjualan, mengurangi pengabaian keranjang, dan menangkap prospek leads. Terdapat fitur canggih pada ManyChat seperti Instagram Messages and Whatsapp, SMS Text Messaging, automation, growth tools, analytics, email marketing, CRM integration, dan lain sebagainya. 

4. Freshchat

Freshchat

Aplikasi Freshchat memberikan kesempatan kamu untuk membuat chatbot di berbagai saluran seperti Whatsapp, Messenger, Apple Business Chat, web, dan lain sebagainya. 

Freshchat akan memberikan kamu inspirasi pertanyaan pelanggan ataupun calon pelanggan sehingga dapat mempersiapkan jawaban yang tepat. Fitur menarik dari Freshchat diantaranya seperti chatbot builder, chatbot analytics, inbox views, bulk actions, groups, dan lain sebagainya. 

Interface yang simple dan modern akan semakin mempermudah kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Selain untuk aktivitas customer management, aplikasi chatbot ini juga dirancang untuk mempermudah strategi campaign baik dari segi targeting maupun evaluating


Kesimpulan:

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi chatbot yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan customer service. Namun, 4 aplikasi di atas dipilih berdasarkan sisi kemudahaan penggunaan serta fitur utama yang tidak hanya akan membantu komunikasi dengan pelanggan, tetapi juga mendukung aktivitas marketing dan penjualan. Meski terdapat beberapa fitur yang harus berbayar, namun tidak ada salahnya untuk melakukan trial demi efisiensi bisnis kamu. Jadi tunggu apa lagi, kunjungi official website aplikasinya (MobileMonkey, Mekari Qontak, Manychat, dan Freshchat) untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

Tags: Technology Chatbot Business Customer Service AI Artificial Intelligence
Other Stories