ID
Home    Business    Yuk Curi Hati Pelanggan dengan Memanusiakan Brand Bisnis, Begini Caranya!

Yuk Curi Hati Pelanggan dengan Memanusiakan Brand Bisnis, Begini Caranya!

09 Jul 2023 18:15 WIB
Memanusiakan brand
Margo Creator May Ansar
May Ansar

Mungkin yang sering kamu dengarkan adalah memanusiakan manusia, bukan memanusiakan brand atau merek. Namun, istilah ini benar adanya di tengah gempuran tren dan strategi pemasaran digital yang digunakan oleh orang-orang kreatif.

Strategi ini tentunya tidak jauh dari tujuan meningkatkan pendapatan bisnis. Cara ini dapat dikatakan sebagai strategi soft selling, karena benar-benar berfokus mengetuk hati para konsumen di luar sana.

Sepertinya cara ini menarik untuk mempertahankan loyalitas konsumen di tengah maraknya bisnis baru. Yuk ketahui dulu apa dan bagaimana cara yang tepat dalam memanusiakan suatu brand!

Memanusiakan Brand

Pengertian memanusiakan brand/ humanize brand

Dikutip dari laman website hubspot.com bahwa memanusiakan brand atau humanize brand dapat diartikan sebagai kegiatan mengadopsi. Hal yang diserap tersebut adalah gaya komunikasi yang mudah diingat dan lebih ramah saat berinteraksi dengan pelanggan.

Komunikasi yang dimaksud bukan sebuah jargon-jargon unik, tapi memang sebuah komunikasi yang biasa digunakan untuk berbicara dengan siapapun. Cara ini juga efektif dan bermakna dalam membangun hubungan baik dengan customer.

Oleh karena itu, memanusiakan merek ini dianggap sebagai cara untuk mengetuk hati dan mempertahankan kesetiaan konsumen pada brand sebuah bisnis. Cara ini bisa kamu jadikan alternatif  juga dalam mempermudah promosi.

Manfaat Memanusiakan Brand

Manfaat memanusiakan merek

Sama halnya saat bertemu dengan teman baru, kamu pasti ingin menunjukkan kesan yang baik agar hubungan kalian berkembang. Sama halnya dengan brand, meskipun brand bukan manusia seperti teman yang baru ditemui, tapi pelanggan yang melihat brand adalah seorang manusia.

Umumnya kita sebagai manusia senang jika diperhatikan dan selalu dilibatkan, karena kita akan merasa dihargai. Hal tersebutlah sebagai pemicu dalam meningkatkan rasa setia pada suatu merek. Jika kesetiaan terus terjaga tentu akan berdampak baik terhadap keberlangsungan bisnis.

Tips Memanusiakan Brand

Cara memansuaiakan brand

Tips untuk memanusiakan brand adalah sebagai berikut: 

1. Mulailah dari Dalam 

Untuk bisa mempengaruhi orang luar/ konsumen maka yang harus diperhatikan pertama adalah inti. CEO dan para pimpinan harus bisa menyebar budaya kerja yang baik. 

Menampilkan keberhasilan dan pencapaian pegawai di media sosial juga sangat bagus untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa betapa hebatnya bekerja di perusahaan ini.

2.Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Konsumen

Memiliki kemampuan berbicara dengan bahasa yang bagus memang membuat kamu terlihat cerdas, tapi belum tentu yang kamu katakan bisa dimengerti oleh konsumen.

Penggunaan jargon bisnis juga bagus untuk membuat suatu identitas, tapi jargon hanya membuat konsumen berpikir lagi maksudnya. Sebaiknya pahami bahasa konsumen untuk meningkatkan kedekatan manusiawi.

3. Tulis "About us" di Situs Bisnis

Terlihat sebagai opening saat mengakses website saja, tapi ternyata informasi "tentang kami" ini sangat efektif dalam memanusiakan brand.

Hal ini bertujuan untuk memberitahukan konsumen apa yang kamu lakukan, bagaimana keadaan perusahaan kamu, dan apa saja tujuan yang ingin dicapai. Sebaiknya kamu mulai merombak informasi ini di tampilan website bisnis kamu

4. Tambahkan Bumbu Humor 

Apa sih yang lebih manusia dari sebuah ketawa? Jika kamu menyelipkan taburan humor diantara promosi yang kamu lakukan maka itu membuatmu terlihat sangat-sangat keren.

Itu artinya kamu benar benar ingin memiliki hubungan yang baik dengan konsumen. Jika, kamu hanya terlalu fokus pada peningkatan bisnis saja, kamu akan dicap sombong dan arogan.

5. Selalu Aktif di Media Sosial atau Website

Tips ini sangat mudah dilakukan sekaligus sangat penting dalam membangun hubungan baik dengan konsumen, dan untuk memberikan kamu kredibilitas lebih.

Manfaat lainnya yang bisa terjadi adalah meningkatnya kinerja search engine. Kamu bisa aktif mengisi website kamu dengan informasi tentang perusahaan atau membagikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Contoh Brand Humanize Brand

Promosi menggunakan humanize brand

Salah satu contoh yang masih melekat diingatkan para pecinta makanan cepat saji adalah momen dimana Burger King menyuruh orang-orang untuk membeli produk dari perusahaan pesaingnya seperti KFC, McD, dan Subway.

Burger king mengeluarkan surat itu saat London akan melakukan lockdown untuk kedua kalinya. Mereka memberitahu bahwa seluruh staf di perusahaan manapun sedang membutuhkan dukungan dari konsumen.

Contoh kedua datang dari perusahaan transportasi online,Uber.  Mereka juga mengeluarkan iklannya saat sedang COVID-19 era. Mereka mengucapkan rasa terimakasih kepada pengguna aplikasi karena tidak memesan layanan mereka.

Tentunya sangat kontras dengan tujuan utama mereka yaitu memberikan layanan transportasi. Tapi pada saat itu orang- orang memang dilarang beraktivitas di publik. Dari iklan yang dikeluarkan oleh Uber  menunjukkan bukti betapa pedulinya terhadap keselamatan manusia. 

Terakhir, contoh memanusiakan brand juga dilakukan oleh KFC dengan menggunakan tagar #RateMyKFC. Tagar ini sebagai metode untuk melancarkan komunikasi dengan pelanggan setia dengan meminta mereka membuat versi sajian menu KFC favoritnya.

Mereka akan merekam atau memotret hasil masakan kemudian mengunggah ke media sosial dengan menggunakan tagar tersebut. Sangat cerdas untuk meningkatkan customer engagement dan menambah insight akun media sosial.

Jika, dilihat dari keseluruhan iklan iklan tersebut, persamaan yang mencolok adalah rasa kemanusiaan. Hasil dari kampanye yang dilakukan tidak membuat konsumen benar-benar pindah, justru kampanye tersebut mengetuk pintu hati mereka dan menambah rasa setianya pada brand tersebut.

Kesimpulan

Rasa setia pada brand adalah kalimat kesimpulan yang tepat untuk menggambarkan istilah memanusiakan brand. Tujuan dari strategi ini benar-benar untuk  menjaga loyalitas pelanggan. Kamu juga bisa menerapkan strategi ini dengan mengikuti tips yang direkomendasikan di atas. 

Tags: Business Marketing Branding Customer Sales
Other Stories