EN
Home    Business    Bisa Hemat Biaya Pemasaran: Apa Itu Creative Advertising?

Bisa Hemat Biaya Pemasaran: Apa Itu Creative Advertising?

15 Jun 2023 16:44 WIB
Creative Advertising Video Billboard
Margo Creator Sefya Dian
Sefya Dian

“Nothing is more efficient than creative advertising”, demikian mantra yang dikutip oleh Stephan Vogel, seorang Chief Creative Officer Ogilvy & Mather Germany, merujuk dari Harvard Business Review.

Dalam industri pemasaran yang semakin kompetitif, para pengiklan berlomba-lomba untuk menciptakan strategi paling efisien demi menarik perhatian pelanggan. Salah satu pendekatan yang semakin populer saat ini adalah creative advertising atau periklanan kreatif. Pendekatan creative advertising dinilai bisa menjadi solusi hemat biaya pemasaran dengan jangkauan audiens yang lebih cepat.

Lantas, Apa Itu Creative Advertising?

Design Creative Advertising

Creative advertising adalah salah satu bentuk pemasaran yang menggunakan ide, desain, serta storytelling unik dalam mempromosikan produk atau jasa. Dalam pendekatan creative advertising, sebuah kampanye pemasaran dirancang sedemikian rupa secara tidak biasa, otentik, kreatif, dan orisinal. 

Untuk menarik perhatian target audiens, kampanye setidaknya menggunakan elemen-elemen kreatif seperti desain grafis, narasi yang menarik, dan visual yang unik. Hal ini memiliki tujuan agar membuat kampanye atau iklan terlihat berbeda dari kompetitor lain, membangun hubungan emosional dengan audiens, serta meningkatkan brand awareness

Salah satu keuntungan utama creative advertising adalah kemampuannya untuk menarik perhatian dalam keramaian konten atau pesan pemasaran yang marak di media digital. Saat sensitivitas publik terhadap iklan semakin meningkat, maka penting bagi bisnis untuk memiliki sesuatu yang unik dan menarik agar mudah diingat oleh audiens. 

Melalui pendekatan kreatif yang mengkolaborasikan berbagai elemen desain, narasi, dan visual, creative advertising dapat menciptakan kesan yang kuat di benak audiens. 

Bagaimana Creative Advertising Dapat Membantu Bisnis Anda?

Manfaat Creative Advertising

Creative advertising akan membantu bisnis Anda dalam hal menghemat biaya pemasaran. Seringkali, kampanye tradisional membutuhkan biaya yang besar untuk mendapatkan ruang iklan yang mahal di media cetak atau televisi. Namun, dengan menggunakan creative advertising sekaligus menggunakan media digital atau media sosial, hal ini memberikan alternatif ruang iklan yang tidak terbatas. Platform media digital memungkinkan para pengiklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya terjangkau. 

Selain itu, creative advertising juga memberikan kebebasan ekspresi yang lebih besar bagi bisnis. Iklan tradisional seringkali memiliki batasan pada bentuk, format, dan pesan yang ingin disampaikan. Sedangkan dalam creative advertising, pengiklan dapat berkreasi pesan dengan cara yang tidak biasa, menarik, mampu menggugah emosi audiens, sehingga membuat brand atau bisnis terlihat berbeda. 

5 Tips Membuat Creative Advertising

Tips Membuat Creative Advertising

Berikut adalah 5 tips membuat creative advertising yang efektif untuk bisnis Anda:

1. Kenali Target Audiens

Untuk membuat pesan atau konten iklan yang relevan dan menarik, penting mempelajari siapa target audiens yang dituju, apa preferensinya, kebutuhan, dan karakteristik mereka. 

2. Buat Konsep atau Ide yang Unik

Jangan ragu untuk memikirkan sesuatu yang out of the box dan unik. Untuk membuat iklan yang menarik, temukan metode yang belum pernah digunakan sebelumnya atau gabung elemen-elemen yang tidak biasa. 

3. Gunakan Storytelling 

Gunakan cerita atau narasi yang menarik untuk menyampaikan pesan. Konsep storytelling yang relatable dengan audiens memungkinkan membentuk ikatan emosional dengan brand. Cerita yang kuat dapat membuat iklan Anda lebih mudah diingat dan memiliki dampak yang lebih besar.

4. Pakai Elemen Visual yang Sesuai Tren


Pakai elemen visual yang sesuai tren, menarik, dan eye-catching. Pilih warna, tipografi, dan gambar yang sesuai dengan pesan maupun brand value Anda. Elemen visual yang menarik akan menarik perhatian audiens dan membuat iklan lebih berkesan. 

5. Perhatikan Audience Engagement


Perhatikan interaksi iklan atau kampanye Anda dengan audiens. Gunakan kalimat yang sederhana, mudah dipahami, dan hindari informasi yang berlebih. Anda dapat menggunakan tagline, slogan, atau kalimat call to action untuk mendorong interaksi audiens. 

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, creative advertising telah menjadi tool penting untuk mempromosikan bisnis. Dengan mengenal target audiens, menciptakan konsep unik, menggunakan storytelling, memperhatikan elemen visual yang sesuai tren, dan mengoptimalkan interaksi dengan audiens, target bisnis akan tercapai melalui creative advertising. Selain itu, hal ini juga dapat menarik perhatian audiens dan membangun hubungan emosional yang kuat. Tentunya sebagai salah satu keuntungan tambahan adalah creative advertising mampu menekan anggaran biaya pemasaran. 

Tags: Business Creative Advertising Permasaran Marketing
Other Stories