EN
Home    Social Media    Strategi Viral Marketing TikTok Ala Ci Mehong yang Patut Dicontoh

Strategi Viral Marketing TikTok Ala Ci Mehong yang Patut Dicontoh

12 Jun 2023 12:22 WIB
Tampilan TikTok
Margo Creator Sefya Dian
Sefya Dian

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ci Mehong, perempuan keturunan Tionghoa bernama asli Tjioe Nofia. Ci Mehong viral belakangan ini lantaran konten jualannya yang dianggap unik oleh warganet khususnya pengguna TikTok dan harga produknya dinilai cukup mahal alias ‘mehong’.

Terlihat dari akun TikTok @pikbakinghouse dengan jumlah pengikut sebanyak 334,8K, video-video konten jualan Ci Mehong telah mencapai ribuan bahkan jutaan penonton. Tidak jarang produk Ci Mehong juga mendapatkan banyak ulasan dari para content creator terkenal di TikTok.

Lantas, apa yang menyebabkan konten jualan Ci Mehong viral dan mendapatkan banyak atensi dari publik?

Salah satu jawabannya adalah karena Ci Mehong telah berhasil menerapkan strategi viral marketing melalui platform media sosial TikTok.

Apa Itu Viral Marketing?

Pembuatan Konten Jualan TikTok

Viral marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada penyebaran pesan brand atau produk secara luas dan cepat. Seperti halnya dalam pemasaran tradisional ‘dari mulut ke mulut, viral marketing ini memanfaatkan jejaring media sosial untuk menjangkau banyak audience

Di mulai dari ide konten media sosial yang memicu reaksi orang lain, lalu orang tersebut dengan suka rela menyebarkannya kepada orang lain. Tentu akan semakin banyak orang yang terpapar ide konten tersebut dan berpotensi untuk menyebarkannya kembali. Inilah kenapa pada akhirnya konten viral dapat terjadi. 

Kekuatan Viral Marketing TikTok

Konten Viral TikTok

Apalagi dengan algoritma yang ada, kekuatan TikTok sangatlah besar dalam strategi viral marketing. TikTok memiliki algoritma yang cerdas dalam menemukan konten yang relevan dan menarik bagi setiap penggunanya. Hal ini membuat konten video yang unik dan menarik akan lebih cepat mendapatkan interaksi pengguna dengan jangkauan yang luas. 

Tentu selain mendapatkan jangkauan pasar yang luas, viral marketing juga berpotensi untuk meningkatkan brand awareness, brand engagement, hingga penjualan bisnis. 

Lantas, bagaimana Ci Mehong menerapkan strategi viral marketing di TikTok sehingga mendapatkan banyak atensi publik?

Strategi Viral Marketing TikTok Ala Ci Mehong

Strategi Viral Marketing TikTok

1. Menjadi Otentik dan Out of The Box

Ci Mehong mengadopsi pendekatan yang otentik dan berbeda dari yang lain dalam konten jualannya. Ci Mehong berkreasi dengan ciri khasnya yang lugas dan apa adanya menjadi daya tarik tersendiri bagi warganet TikTok. 

Konsep jualan Ci Mehong menganut prinsip palugada ‘apa yang lo mau, gue ada’ dari produk olahan makanan, buah-buahan, ikan laut, hingga tanah kuburan. Walau terlihat tidak biasa dengan harga yang mahal, Ci Mehong tidak mengikuti pola umum dan berhasil membangun identitas jualannya. Inilah sebenarnya penerapan dari konsep strategi marketing

2. Paham Target Pasar yang Sesuai

Meski dinilai cukup mahal oleh warganet TikTok, Ci Mehong telah memahami dengan baik siapa saja yang menjadi target pasarnya. Dalam setiap kontennya, Ci Mehong selalu memaparkan keunggulan dan eksklusivitas dari produk seperti proses pembuatannya, kualitas bahan yang premium, dan lain sebagainya. Hal ini membuat produk yang dijual Ci Mehong terlihat pantas jika dipatok harga mahal. Sebab, pada dasarnya mahal tidaknya sebuah produk sifatnya relatif. 

3. Membuat Konten Review Jujur


Salah satu strategi yang berhasil dilakukan oleh Ci Mehong adalah dengan membuat konten review produk yang jujur. Ci Mehong tidak hanya fokus pada promosi produknya, namun juga memberikan ulasan yang jujur dan apa adanya kepada konsumen. Misalnya, jika buah jualannya terasa asam, maka Ci Mehong akan tetap berkata jika memang buah itu asam. 

Hal ini justru dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas produk Ci Mehong di mata warganet TikTok. Dari strategi konten review jujur, Ci Mehong benar-benar menjaga kepuasan pelanggan agar tetap loyal terhadap produk-produknya. 

4. Menggunakan Tagline yang Menggelitik

Ci Mehong menggunakan tagline yang cukup menarik perhatian pelanggannya. Seperti dalam setiap konten video jualannya, Ci Mehong menambahkan kalimat pendek seperti ‘buat yang mau-mau aja’ atau ‘buat yang sultan-sultan aja’. Hal ini dapat memancing perhatian dan reaksi warganet TikTok untuk berkomentar di akun Ci Mehong. Tentu kalimat-kalimat tersebut menjadi tagline atau kunci pengingat serta ciri khas dari konten jualan Ci Mehong. 

Dengan kombinasi strategi otentik, konten review jujur, dan penggunaan tagline yang menggelitik, Ci Mehong berhasil menarik perhatian dan menciptakan viral marketing di TikTok. Ci Mehong telah memahami betapa pentingnya kreativitas, keaslian, dan daya tarik konten untuk membangun hubungan dengan pengguna TikTok. Tentu hal ini patut untuk dicontoh bagi para business owner untuk meningkatkan penjualan. 

Tags: Social Media TikTok Ci Mehong Viral Marketing Media Sosial
Other Stories