EN
Home    Social Media    Sempat Nanjak, Kini Trafik Threads Anjlok: Akankah Masih Jadi Potensi Strategi Marketing?

Sempat Nanjak, Kini Trafik Threads Anjlok: Akankah Masih Jadi Potensi Strategi Marketing?

18 Jul 2023 18:21 WIB
Margo Creator Sefya Dian
Sefya Dian

Kemunculan Threads Instagram cukup menarik perhatian publik akhir-akhir ini. Tercatat kurang dari satu pekan, Threads mampu mencapai 100 juta pengguna.

Hal ini membuat posisi Threads menjadi pemegang rekor yang sebelumnya diraih oleh ChatGPT, aplikasi besutan OpenAI.

Setelah publik diresahkan oleh kebijakan baru Twitter terkait pembatasan pengguna, Threads dinilai mampu memanfaatkan momentum yang tepat.

Threads datang layaknya solusi alternatif bagi para pengguna yang tidak menyukai kebijakan tersebut.

Dengan kehebohan Threads dan pencapaiannya yang pesat, tentu ini menjadi sebuah kesempatan sekaligus potensi untuk strategi marketing. Namun, data terkini menunjukkan terjadinya penurunan trafik Threads, akankah hal ini masih berlaku?

Sempat Naik Pesat, Traffic Threads Kini Anjlok

Tampilan Threads di Layar Smartphone

Di awal kemunculan Threads Instagram yang sempat naik tajam, kini tren data menunjukkan bahwa pengguna aktif aplikasi microblogging ini mulai menurun. Hal tersebut dibuktikan oleh data riset dari Sensor Tower dan SimilarWeb. 

Berdasarkan Sensor Tower, jumlah pengguna aktif harian Threads di tanggal 11-12 Juli 2023 mengalami penurunan sebesar 20% dibanding 8 Juli 2023. 

Selain itu, durasi waktu akses pengguna (time spent) juga mengalami penurunan dari 20 menit menjadi 10 menit. 

Data SimilarWeb juga menunjukan hal yang senanda. Pengguna aktif di Android seluruh dunia turun 25% dibandingkan 7 Juli 2023. 

Waktu yang dihabiskan pengguna aktif di Amerika Serikat kian berkurang dari semula 20 menit menjadi 8 menit. Data tersebut diperoleh dengan membandingkan penggunan di tanggal 6 Juli dan 10 Juli 2023. 

Petinggi SimilarWeb menilai bahwa saat di awal debut Threads, publik memiliki minat dan keingintahuan yang tinggi. 

Di sisi lain, saat Threads viral, banyak masyarakat pengguna media sosial merasa FOMO (fear of missing out) dengan kehadiran tren terbaru ini yang pada akhirnya membuat mereka berbondong-bondong mencoba aplikasi tersebut. 

Potensi Threads Sebagai Strategi Marketing

Threads Instagram

Dari naik turunnya data trafik yang tercermin, akankah Threads Instagram masih menjadi strategi marketing potensial?

Jawabannya adalah iya, Threads masih bisa menjadi potensi strategi marketing

Tetapi, hal ini bergantung pada bagaimana kemampuan marketer dalam memahami dan beradaptasi terkait pola konsumsi media target audience

Penggunaan Threads yang terkoneksi dengan Instagram, membuat para marketer atau social media content creator menjadi lebih mudah dalam menjangkau audiens. Ini juga menjadi peluang yang efektif untuk memperluas audiens di platform berbeda serta meningkatkan brand awareness.

Melalui platform Threads, para pengguna dapat berdiskusi melalui teks dengan lebih intens. Tentu hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kedekatan antara bisnis atau brand dengan target audiens. 

Selain itu, fungsionalitas baru dari Threads juga menawarkan kesempatan bagi para marketer untuk berkreasi konten secara kreatif dan interaktif dalam strategi pemasaran. 

Cara Memaksimalkan Threads Untuk Marketing

Cara Memaksimalkan Threads Untuk Marketing

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan penggunaan Threads agar menjadi strategi marketing potensial?

1. Pilih Target Audiens yang Relevan

Threads memungkinkan pengguna untuk memilih teman-teman terdekat yang ingin mereka ikuti dalam daftar "Close Friends". Hal ini membantu pengguna untuk memastikan bahwa konten yang mereka bagikan hanya dilihat oleh orang-orang yang benar-benar tertarik dan memiliki hubungan dekat dengan mereka.  

Oleh karena itu, tentukan dengan jelas siapa target audiens bisnis kamu dalam penggunaan Threads. Identifikasi karakteristik dan minat mereka yang relevan dengan bisnis kamu. 

2. Bangun Keterlibatan Audiens Layaknya Teman Dekat

Manfaatkan keunikan Threads yang memungkinkan kamu memilih teman-teman dekat dalam daftar "Close Friends". Dengan membangun keterlibatan seperti berbagi cerita, momen, dan keseruan melalui fitur Threads, hal ini akan membantu menciptakan ikatan yang lebih personal serta meningkatkan interaksi antara audiens dan bisnis kamu. 

3. Bangun Komunitas yang Kuat

Gunakan Threads untuk membangun komunitas dengan minat atau topik tertentu. Buatlah konten yang relevan dan menarik untuk komunitas bisnis kamu. Bangun interaksi anggota komunitas seperti dengan berbalas komentar, mengadakan diskusi, atau mengatur acara khusus. 

Dengan mempertahankan interaksi yang konsisten dan relevan, kamu dapat membangun komunitas yang kuat bahkan mendapatkan dukungan dari mereka.

4. Tingkatkan Daya Tarik Konten Melalui Fitur Baru

Manfaatkan fitur-fitur baru yang tersedia di Threads untuk meningkatkan daya tarik konten. Gunakan stiker interaktif, filter kreatif, dan efek khusus lainnya untuk membuat konten agar lebih menarik dan autentik. Dengan menggabungkan fitur-fitur ini secara kreatif, kamu dapat menarik perhatian audiens dan memperkuat pesan-pesan pemasaran.


Kesimpulan:


Meski dari data yang ada trafik Threads Instagram naik dan turun, namun aplikasi ini masih berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai strategi marketing media sosial. Dengan memaksimalkan fitur Threads yang ada dan diiringi pemahaman serta riset target audiens yang tepat, maka hal ini dapat membantu bisnis kamu dalam menjangkau audiens lebih luas dan membangun hubungan yang lebih erat. 

Tags: Social Media Threads Instagram Strategi Marketing Media Sosial Threads Instagram
Other Stories